Gosip Lebih Dekat Dengan Ghibah

Ngegosip itu bukan berbagi informasi, tapi berbagi bangkai saudara sendiri.
.
Maksudnya gimana tuh berbagi bangkai?
Coba simak ayat berikut baik2 :
.
“Dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (Al-Hujurat : 12)
.
Jadi, ngegosip itu seperti memakan bangkai saudaramu sendiri. Kalo kamu lagi makan di kafe, sambil gosip, berarti dihadapan Allah itu kamu sedang makan bangkai saudaramu bareng2! Hina! Jijik! 😭
.
Btw, kenapa harus bangkai sih yg Allah isyaratkan?
Ibnu Abbas dalam menafsiri ayat di atas menyatakan: (إنما ضرب الله هذا المثل للغيبه لأن أكل لحم الميت حرام مستقذر و كذا الغيبه حرام فى الدين و قبيح فى النفوس)
Allah membuat perumpamaan ini untuk ghibah karena memakan daging bangkai itu haram dan menjijikkan. Begitu juga ghibah itu haram dalam agama dan buruk dalam jiwa. (Lihat Tafsir Al-Qurtubi hlm 16/346).
.
Jadi dear, jangan suguhkan sahabat2 kita dengan bangkai saudara kita. Jika ada yg yg kelepasan ngeghibah, jadilah kamu orang yang menghentikan pembicaraan itu. Tunjukkan sikap tidak “interest”, atau alihkan pembicaraan kepada hal lain. Mudah2an kita tdk menjadi #ShabatJahat , atau membiarkan kumpulan sahabat2 kita menjadi #SahabtJahat
.
Yuk ingetin temenmu skrg juga 😊
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s